Enter Header Image Headline Here

Monday, February 29, 2016

Peluang Bisnis Mahasiswa 14 Usaha

 PELUANG BISNIS USAHA MAHASISWA



1. Reseller jualan online
Bisnis tanpa modal paling populer adalah menjadi seorang reseller. Reseller adalah menjual kembali barang dagangan orang tanpa kita harus membelinya terlebih dahulu. Ide bisnis seperti ini paling cocok dijalankan oleh mahsiswa. Kamu tak perlu ragu waktumu tersita oleh bisnis seperti ini, karna kamu bisa menjalankannya di waktu luang. Carilah referensi di internet mengenai lapak jualan online yang menerima reseller. Misalnya: Toko online jersey bola, jam tangan, sepatu, jaket, topi, obat herbal, pakaian hijab, dan masih banyak lainnya. Lalu pasarkanlah produk tersebut secara online, kamu bisa berjualan di facebook, twitter, blog, olx, berniaga, BBM, instagram dan masih banyak lainnya. Lakukanlah sebagai pengisi waktu luang. Jika jiwa kamu mengatakan ingin menggelutinya secara serius, maka tekuni usaha reseller kamu itu.
2. Bisnis printing dan foto copy
Bisnis membuka jasa foto copy terbilang sangat menjanjikan. Karena mahasiswa identik dengan mengerjakan tugas, mengerjakan tugas identik dengan print dan foto copy. Kamu bisa meminjam modal untuk membuka usaha printing dan foto copy dan bukalah tempat usahamu di sekitaran kampus. Jika kamu belum memiliki modal, kamu bisa membuka bisnis ini secara kelompok.
3. Bimbingan belajar
Ide bisnis satu ini cocok buat kamu yang benar-benar suka belajar dan mengajari teman. Kamu bisa membuka bisnis bimbingan belajar. Targetkan pada anak SMP atau SMA. Kamu bisa menawarkan bisnismu kepada ibu kos, atau dosen kamu. Itung-itung sebagai bisnis sampingan kamu sebagai mahasiswa. Alternatif lain, kamu bisa membuat bisnis tersebut berkelompok. Jika kesulitan kamu bisa bergabung dengan bisnis yang sudah ada, dan mendaftar sebagai tenaga pengajar di sana. 
4. Design grafis
Jika kamu adalah mahasiswa jurusan IT khususnya di bidang teknologi grafis, ide bisnis ini cocok sekali buat kamu. Sembari mendalami pelajaran di perkuliahan, kamu bisa membuka jasa design grafis kepada teman-temanmu, kenalan, atau bisa promosi secara online di media sosial. Selain itu jika kamu benar-benar serius ingin mendalami bisnis tersebut, ajaklah teman-teman sejurusan denganmu untuk bersama-sama mendirikan bisnis design grafis.
5. Fotografi dan video editing
Fotografi adalah hobi mahasiswa yang paling populer. Dalam setiap kelas bisa dibilang pehobi fotografi pasti ada. Nah jika kamu termasuk di dalamnya maka membuka bisnis fotografi dan video editing cocok sekali buatmu. Lakukanlah promosi seperti bisnis design grafis.
6. Bisnis kaos
Banyak pebisnis kaos yang sukses dulunya berawal dari bisnis kaos kecil-kecilan saat masih menjadi mahasiswa. Bagi kamu yang tertarik dengan ide ini apa salahnya mencoba. Carilah referensi pabrikan atau koveksi kaos dan sablon terdekat. Atau cari referensi online. Pelajari dan mulailah membuat desain kaosmu sendiri. Tawarkan seperti teknik pada reseller sebelumnya.
7. Menulis
Mungkin kamu adalah mahasiswa sastra, atau punya keahlian menulis ,atau hobi menulis. Mulailah mengisi waktu luangmu dengan menulis sebuah buku lalu tawarkan kepada penerbit. Banyak sekali penulis-penulis muda yang masih mahasiswa. Kamu bisa mencontoh mereka. Carilah referensi di internet.
8. Service laptop dan komputer
Seperti ide bisnis design grafis, jika kamu mahasiswa IT atau setidaknya paham betul bongkar pasang komputer. Kamu bisa membuka usaha service komputer dan laptop. Jadikan kamar kosmu sebagai kantornya. Tawarkanlah pertama-tama kepada teman-teman kelas, buat poster iklan di kampus dan sebagainya.
9. Jual barang seken
Pernah terpikirkah jika kita selesai menjadi mahasiswa maka mau dikemanakan barang-barang dalam kamar kos? jika kamu tertarik dengan ide bisnis ini, kamu bisa mencari-cari di penjual barang bekas dan kamu bisa menjualnya lagi. Jual pula secara online, dan cari referensinya lebih banyak di internet.
10. Franchise
Franchise kuliner kecil-kecilan adalah bisnis paling menjanjikan buat mahasiswa. Carilah referensi tentang bisnis tersebut. Pilihlah yang menurutmu paling cocok diterapakan di kalangan kampus.
11. Laundry kiloan
Bisnis laundry sangat menjanjikan jika diterapkan dengan target mahasiswa. Kamu bisa meminjam modal untuk membuka usaha bisnis laundry dan buka tempat usahamu di sekitaran tempat kos-kosan.
12. Event organiser
Mulailah mengelola bisnis event organiser tingkat fakultas. Ajaklah teman-temanmu. Alternatif lain kamu bisa ikut bergabung dalam bisnis event organiser yang sudah ada.
13. Jual buku jadul
Sama seperti ide bisnis barang-barang seken. Ide bisnis buku jadul bisa kamu pertimbangkan. Carilah buku-buku lama di toko buku ataupun secara online. Jualah koleksi bukumu secara online.
14. Angkringan
Ide bisnis terakhir adalah bisnis angkringan. Angkringan sangat populer di kalangan mahasiswa khususnya di Yogyakarta. Bagi kamu mahasiswa Jogja bisa mencoba membuka usaha angkringan tersebut.


Pengunjung

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

PROFIL

Most Popular